Friday, March 17, 2017

Seal water pump ninja jebol


seal water pump jebol


Penyebab utama seal water pump jebol pada sepeda motor beradiator

pada artikel sebelumnya, saya membahas  penyebab oli mesin berwarna putih susu,air radiator cepat habis direservoir, bisa menyebabkan “bubur sumsum” pada mesin. dan penyebabnya adalah seal water pump yang jebol.hal itu terjadi pada motor yang menggunakan pendingin air radiator/ radiator Collen.

Dalam kesempatan ini, saya mau membahas penyebab utamanya kenapa air radiator cepat habis dari hulu sampai kehilir berdasarkan pengalaman pribadi yang terjadi dininja saya,
  
Begini bahasannya 
…Semua pabrikan sepeda motor sebelum memproduksi satu jenis sepeda motor, pasti awal mulanya bikin sketsa, design, gambar, bikin prototipe atau sample, dan itung-itungan yang njlimet diantaranya tingkat kekuatan masing-masing partsnya dan hubungan sesama komponen setelah itu dilakukan pengetesan masing-masing komponen, dan pengetesan prototip, Nah.. kasus “bubur sumsum” yang terjadi di ninja  saya bukanlah cacat produk atau semacamnya. melainkan kesalahan

saya sendiri lho..kok? yup.. mesin ninja  saya sudah tidak standar lagi… sudah diporting and polish, papas head cilynder, coak piston dll  menurut mekanik yang mengerjakanya, kompresi mesin ninja saya jadi naik (nggak tau ngitungnya bagaimana ). karena mesin kompresinya sudah tidak standar lagi

 maka mesinpun akan lebih panas dari standar, dan radiatorpun akan bekerja ekstra keras mendinginkan mesin… karena tekanan dalam radiator sudah tidak standar, lama-lama parts didalam tutup radiatorpun akan menjadi berkurang daya kerjanya dan terus menekan hingga mengeluarkan semprotan uap dan air panas melalui selang yang menuju box filter udara.

karena seal water pump, bearing dan baling-baling menerima tekanan yang diluar batas kekuatanya secara terus-menerus dalam jangka waktu lama, ahirnya jebol..  Khusus bagi brother bikers penunggang sepeda motor berpendingin cairan yang suka “oprek” mesin, seperti contohnya Jupiter MX, Yamaha Vixion, Honda CS1,Honda CBR150, kawaski and brothers dll , harus sering-sering check kondisi tutup radiator, bila sudah kadaluarsa (akan dibahas diartikel tersendiri) segera ganti tutup radiatornya agar terhindar dari masalah bubur sumsum ,kalau sudah terkena bubur sumsum, dijamin bikin mojrot isi dompet.
Namun bagi brother biker yang mesin motornya masih standar ting-ting (nggak diapa-apain) sepertinya tidak akan terjadi bubur sumsum kalau tidak disebakan “human eror” … contoh mekanik yang kurang berpengalaman membongkar mesin anda, tetapi pas masang lagi ada part2 yang kurang kenceng, ketinggalan dll .
Demikianlah analisa pribadi dari saya 

No comments:

Post a Comment