Thursday, March 2, 2017

Merawat superkips

Trik perawatan superkips


Kali ini saya mau berbagi ilmu tentang merawat superkips Kawasaki ninja 150 r/rr kesayangan kalian semua
                  
Corat coret
Hallo Mas Bikers Indonesia,
semua pasti tahu kalo SuperKips merupakan AZIMAHampuh Pendongkrak PERFORMA Sang kawasaki Ninja 2 T (R/RR)..

Katup Super KIPS sendiri memiliki fungsi untuk menambah power. Ia akan membuka mesin hingga mencapai 7.000 rpm. Pada rpm bawah, akselerasi motor akan bekerja sangat bagus jika katup Super KIPS menutup.


NAH,,,,,,maka dari itu perlu perawatan yang serius kalo tidak ingin motor Kawasaki Ninja kesayangannya IMPOTENT,, minimal bersihkan setiap  2000 km..

Sebelumnya bagi para Suhu Ninjers Mohon Maaf & Permisi apa bila ada kesamaan dalam penulisan/pengetikan, penulisan yang kurang sesuai, Saya hanya sekedar ingin Sharing Sesama Ninja Riders lain yang mungkin masih awam,, yukkk langsung di mulai saja,,,Ok

Berikut langkah-langkah perawatan superkips::::::::::
1.  Siapkan kunci ring 10&8.
      kunci (L5).
      Obeng (-) min.
      Cairan pembersih ( bisa menggunakan WD40, carburator cleaner)
      Kain/amplas halus ukuran 1000/1500.


2.  buka tutup karet super kips
           
3.  Setelah itu lepas area batang pemutar katup Super KIPS dengan menggunakan kunci ring 10. Dan buka penutup Super KIPS dengan cara memutarnya ke area kanan.INGAT..!! MUR ini Ulirnya Terbalik,, Yaitu putar KE KANAN untuk Men BUKA dan Ke KIRI untuk NGUNCI..






4.  Lalu buka cover gigi mekanis Superkipsnya dengan Membuka 2 baut (kiri&kanan) kover dengan kunci 10″ jg..

Lalu buka cover (congkel dng obemg (-) di tempat yang sudah di sediakan)..

5.  Buka MUR pengikat geriginya untuk melepas gerigi mekanisnya dan INGAT MURnya juga putar Ke KANAN untuk Buka seperti pada Mur di tuas pemutar superkips..


6.  Sebelum melepas gigi-2 mekanisnya,, perhatikan Betul-Betul tanda (.) dan posisi ke -2 gigi tersebut agar tidak salah saat pemasangan kembali..

7.  Berikutnya Buka penutup Busing Valvenya dengan buka dulu 2 baut L dngan Kunci L 5 (arah ulirnya Normal)
                       .
8.  Keluarkan tutup busing valve dngan congkel pake Obeng (-) besar di tempat yang sudah di sediakan(agar tidak rusak/ pecah)
                        
Setelah itu baru Keluarkan Valve Beserta Busingnya..

9.  Biasanya seret untuk mengeluarkannya,,,,,karena pada busing terdapat O-ring [seret = O-ring masih Ok]>>>>. keluarkan dengan lembut dngan sistem katrol perlahan,, valve bisa patah kalo di buka secara Kasar√√√

Setelah semua keluar,,  Bersihkan permukaan Valve-as valve & busingnya sekalian,,,Dan Jangan Menggunakan benda yang ber Bau Tajam,, karena bisa Melukai/gores lapisan Teflonnya.. klo ane si biasanya cuma semprotin tuh barang pake WD pake kain yang di olesin Cairan Pembersih (WD), bisa jg pake amplas yang halus ukuran 1500 tapi dengan catatan harus hati" bosssss.........
10.  Kalo sudah bersih/ kinclong, pasang kembali seperti sediakala...

Tapi harus ingat posisikan titik-titik yang terdapat pada gerigi katup superkips dengan benar, lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini::::
                        
sekian tips merawat  super kips dari saya. semoga bermanfaat bagi anda.

Wassalam,,,,,,

1 comment: